3 Suku di Indonesia yang Jarang Diketahui

ViaductPress.com – Sebagai bangsa Indonesia kita tentu tau kalau Indonesia adalah negara yang sangat beragam alamnya maupun kebudayaannya. Bahkan sudah terkenal hingga mancanegara; Bali, Yogyakarta, Papua, Manado, Medan, dan masih banyak lagi. Masing-masing daerah di Indonesia tentu dengan keunikan dan kekhasannya. Suku Batak, suku Minangkabau, suku Manado, suku Betawi, suku Baduy dan masih banyak lagi. Saking beragamnya budaya kita, mungkin saja masih banyak suku-suku yang masih jarang diketahui bahkan oleh orang Indonesia itu sendiri. Yuk, simak 3 suku Indonesia yang masih jarang diketahui beserta dengan keunikannya:

                                                                                                                                  Sumber : Google

  • Suku Bajo

Taukah kalian dengan suku Bajo? Bagi yang belum tau suku Bajo ini merupakan penduduk di Pulau Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Bagi suku Bajo laut adalah ibu bagi mereka karena mereka memang tinggal di pinggir laut bahkan mereka mendapat julukan Sea Nomands yang artinya mereka tidak menetap dan hidup di laut. Salah satu keunikan dari adat suku Bajo ini ialah Upacara Sangal. Pada upacara tersebut mereka akan melepaskan spesies yang populasinya sudah menurun. Misalnya penyu, mereka akan mengadakan upacara tersebut dengan melepaskan penyu-penyu ke laut. Wah, kelihatan sekali ya suku Bajo ini senang merawat flora dan fauna di Indonesia.

                                                                                                                            Sumber : Google

  • Suku Sasak.

Suku Sasak ini merupakan penduduk asli dari daerah Lombok yang diperkirakan sudah ada sejak 4000 tahun sebelum masehi. Suku ini terkenal senang menenun karena hampir di setiap rumah penduduk memiliki alat tenun. Salah satu keunikan dari suku Sasak ini yaitu proses perkawinan adatnya yang dengan cara Kawin Culik atau disebut Merarik. Ketika dua insan jatuh cinta dan memutuskan untuk menikah, si pria akan menculik sang gadis untuk dibawa ke kediaman keluarganya tanpa sepengetahuan keluarga wanita, tentu kedua pihak sudah tau. Ini adalah hal yang lumrah terjadi bagi suku Sasak.

                                                                                                                              Sumber : google

  • Suku Korowai.

Adakah dari kalian yang tau suku Korowai? Jika tidak tau, suku ini berada di Papua Selatan. Suku yang baru ditemukan sekitar 35 tahun lalu ini adalah salah satu suku yang tidak menggunakan koteka dan hampir tidak memiliki kontak dengan dunia luar. Sebenarnya ini tidak bisa dibilang unik bahkan bisa dibilang ekstrim karena suku Korowai ini memiliki kebiasaan memakan daging manusia. Perilaku tersebut bukanlah hal yang tabu bagi suku Korowai, namun perilaku seperti ini sudah mulai berkurang sejak mereka mulai mengenal dunia luar.

[Penulis: Khezia Thalita Mora]

Facebook
Facebook
Instagram