Jalan Tengah untuk Para Penikmat Pikiran Larut Malam

                                                                                                     Sumber : Google

ViaductPress.com – Hai para kawula muda, pasti lagi banyak kan diantara kamu yang suka begadang buat main PUBG? Atau masih setia dengan permainan Mobile Legends? Tapi tunggu, jangan sampai kamu berkecil hati karena topik kali ini bukan tentang game-nya nih. Melainkan dari sisi para penikmat game yang suka begadang.

Dalam KBBI, arti dari begadang merupakan berjaga tidak tidur sampai larut malam. Pasti para kawula muda lagi banyak nih yang begadang. Antara untuk belajar, berkumpul dengan teman-teman, maupun bermain game lagi yang hits. Nah beberapa pertanyaan pun muncul apakah sehat kalau kita terlalu sering begadang? Apakah daya kerja otak kita akan semakin melemah jika sudah larut malam?

Menurut hasil pengulasan lebih dari 300 penelitian tentang tidur, National Sleep Foundation (NFS) mengatakan bahwa orang dewasa muda (18-25 tahun) memiliki waktu tidur yang ideal selama 7-9 jam per hari. Sementara jika begadang makan sudah pasti waktu tidurnya akan berkurang jauh dari angka ideal. Tentu akan ada beberapa organ dalam tubuh kita yang bekerja menjadi kurang maksimal.

Tetapi di sisi lain, seorang psikolog di London School of Economics And Political Science mengatakan bahwa seseorang yang suka beraktivitas di malam hari memiliki kecerdasan di atas rata-rata. Otaknya lebih fokus untuk berpikir saat malam hari dibandingkan pada saat siang hari. Sudahkah merasa senang para tim begadang?

Pada akhirnya memang kita harus pintar membagi waktu. Terlalu banyak menggunakan waktu untuk begadang tentu tidak baik untuk kesehatan. Namun jika memang otak kita lebih fokus pada malam hari, ada baiknya pada saat siang hari kita menyisihkan waktu untuk tidur siang. Dengan begitu otak dapat berpikir dengan kreatif dan kesehatan pun tetap terjaga. Setuju kan, kawula muda?

[Penulis: Carolina Yosephine Lamablawa]

Facebook
Facebook
Instagram