Jangan Mau Mati Konyol Karena Rokok

sumber : google

ViaductPress.com – Selagi muda, selagi kita punya waktu untuk berubah alangkah baiknya kita menjaga kesehatan dengan menjaga pola perilaku dengan baik. Apalagi dengan menjaga diri dari kebiasaan buruk yang acap kali menyerang kepada siapa pun. kebiasaan buruk itu adalah merokok, penyakit yang sering digandrungi oleh semua kalangan khususnya kepada kaum muda.

Dilansir dari hasil survei yang dilakukan oleh WHO (organisasi kesehatan dunia) bahwasanya per tahun kira-kira ada sekitar 6 juta orang meninggal karena merokok dan sebagian besar korbannya adalah orang-orang yang berpenghasilan menengah ke bawah. Sekitar 5 juta lebih korban ialah perokok aktif, selebihnya ialah dampak yang ditimbulkan kepada orang-orang yang bukan perokok (perokok pasif). Khususnya di Indonesia yang rata-rata penduduknya menengah kebawah akan berisiko menambah jumlah perokok aktif.

Fakta berdasarkan hasil survey Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia, bahwa Indonesia menempati posisi ke tiga sebagai negara dengan kematian akibat rokok setelah China dan India. Setiap harinya ada 1.127 orang yang meninggal akibat dampat dari rokok, sekitar 67 persennya merupakan perokok laki-laki. Dengan melihat fakta yang terjadi, pemerintah sudah sadar betul bahaya akan dampak yang ditimbulkan dari rokok tersebut, mulai dari kerugian penyakit dari rokok itu sendiri sampai kerugian terhadap negara.

Selagi masih muda, selagi kita punya waktu untuk berubah alangkah baiknya mengatur pola kehidupan yang lebih sehat. Dengan mempertimbangkan dampak buruk rokok yang akan menganggu kesehatan kita. Kita tidak bisa mengelak bahwasanya negara ini masih minim akan kesadaran kesehatan, terlebih lagi Indonesia mendapat peringkat ke-tiga.

Generasi penerus bangsa sudah semestinya menghindari kebiasaan merokok, kalau dibiarkan terus-menerus akan mengakar dan membudaya. Kaum muda sudah sepatutnya dileburi dengan prestasi, diarahkan pada hal-hal yang positif. Kaum muda juga identik dengan kesegaran dalam berfikir, bernalar dengan jernih, serta mempunyai idealisme yang tinggi. Jangan sampai kaum muda terlena oleh rokok, Jangan memupuk diri sendiri dengan hal-hal yang mendekatkan kepada kematian. Jangan mau mati konyol karena rokok !

[Penulis: Gema Bayu Samudra]

Facebook
Facebook
Instagram