Jangan Lupa Berbahagia

ViaductPress.com – Sejak tahun 2013 lalu, PBB menetapkan tanggal 20 Maret untuk setiap tahunnya ialah “International Day of Happiness”. Hari bahagia ini digagas oleh PBB untuk mengingatkan kepada setiap umat manusia bahwa bahagia itu sangatlah penting. Menurut penelitian dari Harvard Study of Adult Development, faktor terpenting untuk berbahagia ialah hubungan kita dengan keluarga, pasangan, dan teman  (sumber: Kompas.com) .  Dr.Robert Waldinger,Profesor Psikiatri di Universitas Harvard mengatakan bahwa selama 75 tahun ia meneliti, hubungan yang baik dapat membuat kita sehat dan bahagia. Dengan diperingatinya hari bahagia sedunia ini, PBB ingin mengingatkan masyarakat dunia bahwa ekonomi tidak dinilai dari seberapa kayanya seseorang, namun dilihat dari kebahagiaan dan kesejahteraannya.

Dewasa ini masyakarat sekarang berlomba-lomba untuk mencari uang sebanyak-banyaknya. Apakah dengan menjadi kaya pasti akan bahagia? Jawabannya adalah tidak. Ada orang yang kaya namun banyak penyakit, ada juga sangkin sibuknya mencari uang, ia jadi jauh dari sanak keluarga, selain itu ada yang kaya namun kurang kasih sayang dan lain sebagainya. Sebenarnya apa sih itu bahagia? Tidak ada faktor  akurat yang dapat menjelaskan definisi kebahagiaan seseorang. Jika kalian renungkan, rasa bahagia itu tentu datang dari dalam diri masing-masing, cukup dengan selalu bersyukur atas segala hal yang menimpa kalian tentu dapat menimbulkan efek kebahagiaan tersendiri.

Ada 156 negara yang masuk dalam daftar Negara paling bahagia, Finlandialah yang menduduki peringkat pertamanya. Sementara berdasarkan Wold Happiness Report pada tahun 2018 ini Indonesia berada di peringkat 96 yang selalu turun peringkatnya sejak tahun 2015 . faktor yang dinilai dari Negara paling bahagia yaitu tingginya harapan hidup, keadilan sosial dan perhatian pemerintah (sumber: CNN Indonesia.com). Diperingatinya hari bahagia sedunia ini bukan berarti hanya hari ini saja kita harus berbahagia, tetapi setiap harinya kita harus berbahagia. Banyak sekali dampak positif dari berbahagia seperti; umur panjang, menghilangkan stres dan jantung lebih sehat. Seperti kata pepatah “Hati yang senang adalah obat terbaik”.  so, sudahkah kamu berbahagia.

[Penulis: Khezia Thalita Mora]

Facebook
Facebook
Instagram