KEDUBES SRILANKA DIDATANGI GEGANA

Apel yang dilakukan pada pukul 20.30 WIB di depan Kedutaan Besar Srilanka, Jl. DIponegoro, Jakarta Pusat (8/3/18) oleh anggota Kepolisian yang berasalh dari kalangan Brimob dan Sabhara. (Sumber: Dok. Pribadi).

Jakarta, ViaductPress.com –Tadi malam Polisi dengan segenap kendaraan bertuliskan ‘GEGANA’ memadati bahu sebelah kanan jalan Diponegoro yang menuju Salemba, tepatnya di depan kedutaan Besar Srilanka untuk Indonesia. Tidak mengherankan karena pengamanan sedang dilakukan dalam rangka mengantisipasi kemungkinan serangan di Kedutaan Besar Srilanka yang disebabkan oleh konflik internal antar agama yang baru-baru ini terjadi di Srilanka.

Ketika ditemui di sela-sela tugasnya, Kapolsek Metro Menteng, AKBP Agus Rizal menjelaskan bahwa pengamanan ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya serangan yang bisa tertuju kepada kedutaan besar Srilanka mengingat situasi di negara tersebut yang sedang panas akan konflik antara umat Muslim dan umat Buddha. Pengamanan dilakukan dengan harapan imbas konflik di negara tersebut tidak melebar dalam bentuk serangan ke Indonesia terutama ke Kedutaan Besar Srilanka tersebut. “Jangan sampai ada efek ke Indonesia, khususnya di Dubes Srilanka. Kita cuma bantu pengamanannya. Sejauh ini nggak ada masalah kok. Kita Cuma melakukan langkah preventif saja untuk mengantisipasi adanya serangan ke sini” ujar AKBP Agus Rizal saat diwawancarai. Meskipun begitu, dikakui bahwa sempat ada panggilan dari dalam Kedutaan Besar Srilanka agar Polisi membantu mengamankan bagian depan gedung Kedutaan Besar.

Beberapa anggota Kepolisian yang sedang berada di depan gedung Kedutaan Besar Srilanka seusai apel. (Sumber: Dok. Pribadi).

AKBP Agus Rizal juga menjelaskan bahwa anggota Kepolisian yang diturunkan dalam pengamanan terdiri dari 10 orang anggota Brimob dan 5 orang Sabhara. Meskipun pengamanan dilakukan dan bahu kanan jalan dipenuhi kendaraan Polisi yang parkir, situasi jalan di depan Kedutaan Besar tetap ramai lancar.

Beberapa kendaraan Polisi yang parkir di bahu kanan jalan. (Sumber: Dok. Pribadi)

 

 

 

 

 

 

 

Kondisi jalan di depan Kedutaan Besar Srilanka yang tetap ramai lancar meskipun dilakukan pengamanan. (Sumber: Dok. Pribadi).

 

 

 

 

 

 

 

[Penulis: Bill Charlos Sinaga dan Vazza Muyassir]

Facebook
Facebook
Instagram