Pembunuhan misterius PM Swedia Olof Palme

Sumber : Google

ViaductPress.com – Tepat pada 32 tahun yang lalu tepatnya tanggal  28 Februari 1986 rakyat Swedia berduka dengan meninggalnya Perdana Menteri mereka yaitu Olof Palme. Matinya Olof Palme meninggalkan kesedihan yang mendalam bagi Negara itu sebab beliau adalah orang yang sangat rendah hati. Sangat berbaur dengan rakyatnya.

Olof Palme lahir tanggal 30 Januari 1927 di ostermalm, Stockholm, Swedia. Dia menjabat Perdana Menteri Perdana Menteri Swedia periode 1969-1976 dan 1982-1986 orang yang sangat mendukung kesetaraan di masyarakat ia juga mendukung kelas pekerja dan anti imperialisme. Dia juga selalu menolak untuk mendapat pengawalan khusus saat menjalankan peran kenegaraannya. Dia mempunyai dua pengawal pribadi tetapi seringkali bepergian tanpa pengawal. Beliau berasal dari Partai Sosial Demokrat.

Kematian Olof Palme masih menjadi misterius pasalnya belum ketahui pasti siapa pembunuhnya dan apa motif pembunuhan ini. Olof Palme dibunuh dengan ditembaki oleh orang yang tak dikenal. Kejadiaannya saat Olof Palme dan istrinya Lisbeth Palme berjalan keluar meninggalkan gedung bioskop di pusat kota Stockholm, saat itu pula mereka ditembaki dengan brutal oleh orang yang tak dikenal. Olof Palme saat dilarikan ke RS nyawa Olof tidak terselamatkan sedangkan istrinya selamat dari maut.

Kejadian ini tidak pernah terungkap motif dan pelakunya dengan jelas sampai dua tahun kemudian, Christer Pettersson pecandu narkoba ditangkap kepolisian Swedia dan divonis hukuman seumur hidup dengan tuduhan pelaku pembunuh Olof Palme. Pettersson melakukan banding dan vonis dibatalkan. Sehingga sampai saat ini kematian Olof Palme masih menjadi misterius dan menimbulkan berbagai opini masyarakat.

Penghormatan Olof Palme dikemas dalam bentuk lembaga sosial yang bernama Olof Palme International Center. Lembaga yang bergerak dibidang Hak Asasi Manusia dan perdamaian. Bekerja sama dengan berbagai  Negara salah satunya Afrika Selatan, Moldova, Palestina.

[Penulis : Lavergo Karosekali]

Facebook
Facebook
Instagram