Curug Paling Indah di Bogor

 

                   foto : Dok. pribadi

ViaductPress.com – Kota Bogor menjadi salah satu kota yang dijadikan masyarakat metropolitan untuk menarik diri atau sekadar liburan. Kota bogor tak hanya terkenal dengan 1001 angkot dan derasnya intensitas hujan. Bogor sendiri merupakan daerah yang luas yang dikelilingi oleh beberapa gunung, seperti Gunung Salak dan Gunung Gede Pangarango. Karena topologi Bogor yang tak lekat dengan lingkungan alam yang begitu indah. Di setiap sudut daerah Bogor banyak hal yang tak terduga mengenai keanekaragaman budaya dan alam.

Tujuan Penulis ingin memaparkan satu lokasi wisata dimana terdapat beberapa wisata yang ada disekitarnya. Curug Leuwi Lieuk merupakan wisata alam berupa air terjun dan terkenal dengan airnya yang jernih. Curug Leuwi Lieuk menyuguhkan panorama yang indah dan ada tempat di seputaran curug untuk orang berenang. Kedalaman air mencapai 3-5 meter, bagi yang pengunjung diharapkan memperhatikan hal tersebut. Curug Leuwi Lieuk menawarkan keindahan alam nan indah, karena letak Curug Leuwi Lieuk yang ada ditengah-tengah hutan maka keaslian dan alam yang masih asri selalu terjaga. Lokasi ini juga sangat instagramable, jadi sangat cocok untuk anak-anak muda yang sedang berburu foto.

Harga tiket masuk untuk masuk Curug Leuwi Lieuk 

Untuk harga masuk per-orang dikenakan sebesar RP 10.000. Apabila menggunakan kendaraan beroda dua maka dikenakan tarif RP 5.000 dan roda empat Rp 10.000. Untuk total masuk itu ternyata belum untuk masuk ke kawasan Curug Leuwi Lieuk jadi jangan kaget apabila setelah mendekati kawasan Curug Leuwi Lieuk ada restribusi tambahan sebesar RP 10.000. HTM pertama hanya berlaku untuk ke Curug Leuwi Hejo dan Curug Barong. Tidak ada pungutan lain selain HTM pertama masuk dan HTM masuk kawasan Curug Leuwi Lieuk. Curug Leuwi Lieuk mulai buka jam 6 pagi dan tutup jam 6 sore.

Rute untuk ke Curug Leuwi Lieuk

lokasi Curug leuwi lieuk: Pabuaran, Bogor, Jawa Barat yang dekat sekali dengan Sentul City. Sebenarnya rute untuk ke Curug Leuwi Lieuk yaitu satu lokasi dengan Curug Leuwi Hejo, untuk sampai kesini maka untuk meyakinkan kita bisa menggunakan google maps yang mana lokasinya dekat Sentul City. Untuk patokan lebih jelasnya pengunjung harus menemukan Bundaran Sentul Nirwana. Dari Bundaran kita belok ke kiri yang pada ujungnya kita menemukan Jungleland. Setelah menemukan Jungleland ada sebuah tanjakan dari Jungleland kita belok kekanan kearah tanjakan. Setelah cukup jauh menanjak kita menemukan pertigaan dan dari situ kita belok kiri. Di pertigaan itu ada papan petunjuk untuk ke ‘Curug Leuwi hejo’ sudah dikatan sebelumnya bahwa Curug Leuwi Lieuk satu lokasi dengan Curug Leuwi Hejo. Setelah menempuh jarak 5 km maka lokasi kawasan curug terdapat pada sisi kanan.

Mengapa Harus Curug Leuwi Lieuk?                    

Pandangan penulis terhadap keindahan Curug Leuwi lieuk bukan berdasarkan fakta belaka. Pada dasarnya penulis sudah mengunjungi sebagian besar curug yang ada di Bogor, terdapat banyak sekali curug dibogor dan menurut penulis Curug Leuwi Lieuk adalah curug yang terbaik yang ada di Bogor alasannya karena topologi alamnya yang unik yang mana dikelilingi tebing-tebing yang di dalamnya ada air terjun yang sudah tidak diragukan lagi kejernihan airnya. Selain indah, cocok untuk pengunjung berenang dan berfoto. Banyak curug yang indah dibogor, apabila ingin melihat curug yang paling tinggi di Bogor maka dapat mengunjungi Curug Seribu dan masih banyak curug dengan keindahannya masing-masing.

[Penulis : Gema Bayu Samudra]

Facebook
Facebook
Instagram