PERKUMPULAN SAKSI UNTUK PAPA SETNOV

Gambar 1: SuasanaPersidangankasus E-KTP denganterdakwaSetyaNovanto di PengadilanNegeri Jakarta Pusat Kamis (18/1) lalu.

Jakarta, ViaductPress.com – Kamis (18/1) lalu diadakan kembali sidang terdakwa kasus korupsi E-KTP, Setya Novanto. Agenda sidang kali ini adalah pemeriksaan saksiA Charge. Saksi A Charge adalah istilah bagi saksi yang memberatkan posisi terdakwa dan dihadirkan oleh Penuntut Umum. Pada sidang kali ini, terdapat sejumlah 6 orang saksi yang dimintai keterangan dalam persidangan. Kelima saksi pertama datang terlebih dahulu.

Kelima saksi yang dihadirkan pertama kali ditanyai oleh Hakim, Penuntut Umum dan Penasehat Hukum Setya Novanto terkait transaksi valuta asing. Salah satu saksi sempat menjadi fokus utama di Persidangan. Majelis hakim menanyakan kebenaran adanya transaksi valas yang dilakukan oleh saksi tersebut karena ia sempat mengakui adanya transaksi valas namun padasaat rekeningnya telah ditutup karena Peraturan Bank Indonesia. Saksi tersebut juga mengakui bahwa semua transaksinya tidak berhubungan dengan terdakwa Setya Novanto ketika ditanyakan oleh kuasa hukum terdakwa.

Beberapa saksi tersebut sempat ditanyai hubungannya dengan beberapa perusahaan. Salah satunya adalah Biomorf System India. Ketika ditanyakan hubungannya, semua saksi menjawab bahwa mereka tidak punya hubungan dengan perusahaan tersebut.

Selesai pertanyaan diberikan kepada para saksi, barang-barang bukti diperlihatkan kepada hakim dan didaftarakan oleh panitera.

Gambar 2: Penyerahandanpemeriksaanbarangbukti

Pada akhir persidangan, ada saksi yang terakhir kali datang dan dilakukan sumpah saat itu juga sebelum menjadi saksi dalam sidang.

 

 

 

 

Gambar 3: Pemberiansumpahkepadasaksi yang barudatang

Salah satu Penuntut Umum KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) sempat diwawancarai seusai sidang. Ia menerangkan bahwa masih perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut terhadap Money Changer lainnya karena belum ditemukan Money Changer yang terlibat langsung dalam kasus ini. ‘Banyak Money Changer terlibat adalah yang memiliki izinRemittance (transfer sejumlah uang dalam bentuk valutaasing)’ ujarnya saat diwawancarai seusai sidang.

Gambar 4: Salah satuPenuntutUmumdari KPK yang diwawancarai di akhirsidang

Beberapa Money Changer sempat diperiksa namun belum terbukti pernah bertransaksi dengan Setya Novanto. ‘Contohnya Valuta Inti. Money Changer tersebut yang justru dimintakan untuk menarik sejumlah uang di Amerika secara tunai di Malaysia’ jelasnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

[Penulis: Vazza Muyassir & Bill Charlos Apechardo Sinaga]

Facebook
Facebook
Instagram