Dua Dekadenya Studio 51

Para model bergaya di panggung DuaDekade

 

Jakarta, ViaductPress.com – Ada acara menarik yang disuguhkan untuk para penikmat hasil jepretan kamera oleh UKM Fotografi Studio 51 UNIKA Atma Jaya. Berlokasi di tengah hingar bingar ibukota, — tepatnya di sebuah galeri yang bernama D’Gallerie, Barito, Jakarta Selatan — pameran foto yang dipersembahkan khusus dari UKM para mahasiswa Atma Jaya pecinta fotografi ini berlangsung sangat meriah. Dua Dekade yang menjadi nama acara Studio 51 sekaligus menjadi tanda 20 tahun perjalanan UKM tersebut berlangsung dari tanggal 10 Juni sampai 14 Juni 2015.

Acara yang berlangsung selama lima hari ini menyuguhkan rangkaian acara yang tidak melulu pameran foto, melainkan juga dibarengi dengan seminar, talkshow, acara musik, dan fashion show. Yang unik dari pameran ini adalah pengunjung juga berkesempatan untuk memilih foto yang ia sukai dengan cara menuliskan judul foto favoritnya pada secarik kertas yang disediakan. Foto karya yang menampilkan seorang pria dalam bentuk siluet sedang mengambil gambar matahari terbenam oleh Augie Rachmat, anggota Studio 51 pun terpilih menjadi pemenang foto terfavorit.

Tiup lilin sebagai penanda 20 tahun UKM Studio 51 Unika Atma Jaya berdiri

Pembukaan acara Dua Dekade dilaksanakan pada Rabu, 10 Juni 2015 pada pukul 19.00 WIB. Acara tersebut diisi dengan kegiatan seremonial yakni sambutan dari Ketua Panitia dan Ketua UKM Studio 51. Five Percent dan Bandhill pun turut andil dalam menyumbang lagu untuk menghibur para pengunjung pameran foto pada hari pertama ini.

Pada hari Jumat, 12 Juni 2015 malam sekitar pukul 19.00, Dua Dekade menyajikan acara temu kangen bersama seluruh anggota Studio-51 dari yang masih kuliah sampai angkatan pertama yang membentuk UKM tersebut 20 tahun yang lalu. Wow! Acara yang menampilkan Ully Zulkarnaen dan Eko Sudarno (alumni Studio-51 yang kini bekerja sebagai fotografer profesional) sebagai pembicara utama dalam Sarasehan “Best of The Best from Studio-51” ini mengajak semua anggota Studio-51 mengingat kembali masa awal pada saat mereka membangun UKM yang kini sudah eksis selama dua dekade. Disebutkan disana bahwa pada tahun 90-an, awalnya UKM Studio-51 merupakan bagian dari Unit Kegiatan Mahasiswa Kesenian.

Kurang lebih enam puluh orang panitia mengerahkan tenaganya untuk menyukseskan acara yang memakan biaya puluhan juta ini. Terdapat total 63 foto yang dipamerkan dalam pameran yang menampilkan foto-foto terbaik karya anggota Studio-51 sejak tahun 1995 sampai 2015 ini. Foto-foto yang dipamerkan di acara ini dikuratori oleh fotografer senior yaitu Timur Angin.

“Menurut saya (suasana pameran) bagus, karena dari tempat yang sekarang lebih bagus dibanding saat diadakan kampus” jelas Sylviana Yeblo, mahasiswa Atma Jaya angkatan 2013 yang hadir dalam acara penutupan pameran yang buka setiap harinya dari pukul 10.00-20.00 WIB ini.

Mahasiswi jurusan FKIP itu juga mengatakan bahwa acara yang diadakan Studio 51 pada tahun ini juga lebih baik daripada acara tahun sebelumnya. Lagi katanya, “foto-foto yang dipamerkan juga lebih mendalam prespektifnya” menambahkan tanggapannya tentang foto-foto yang dipamerkan. Sedangkan lain lagi pujian yang dilontarkan Andre Silalahi, karyawan kantor swasta yang juga alumni Studio-51. “Ini (penempatan lokasi pameran di sebuah Galeri) adalah suatu langkah yang berani karena (pengunjung) yang datang ya pure mau lihat foto” ucap Andre saat ditanyai tentang perbedan pameran tahun ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang diadakan di mall-mall ternama di Jakarta.

[Penulis : Ari Seran]

Facebook
Facebook
Instagram