MISTERI KOTAK COKLAT

Sumber : amazon.com

Sutradara: Robert Zemeckis

Produser:   Wendy Finerman

                     Steve Tisch

                     Steve Starkey

                     Charles Newirth

Penulis:      Winston Groom (Novel)

                      Eric Roth (Adegan Layar)

Pemeran:    Tom Hanks

                      Robin Wright

                      Gary Sinise

                      Mykelti Williamson

                      Sally Field

Tanggal Rilis:  6 Juli 1994

Genre: Romantis, Komedi, Drama

Durasi:  141 menit (AS) / 136 menit (Eropa)

Bahasa:  Inggris

ViaductPress.com – Forrest Gump adalah sebuah film yang disutradarai oleh Robert Zemeckis. Film ini menceritakan tentang perjalanan hidup dari tokoh utamanya, yang namanya sekaligus dijadikan sebagai judul dari film ini, “Forrest Gump”. Film ini mengisahkan perjalan hidup Forrest Gump (Tom Hanks) dari kecil hingga dewasa yang  dibalut dengan kisah cintanya dengan teman masa kecilnya, Jenny (Robin Wright). Kisah Forrest Gump berlatar belakang Amerika pada masa perang dingin. Hal yang menarik adalah humor yang ditunjukkan di film ini melalui pengubahan sejarah yang sangat luar biasa konyol.

sumber : cdn.thinglink.me

Forrest Gump (Forrest) adalah seorang anak yang memiliki berbagai keterbatasan. Dirinya terlahir dengan tulang belakang yang tidak sempurna, sehingga kakinya harus dipasang dengan pen. Tidak hanya keterbatasan fisik, Gump juga memiliki keterbatasan mental dengan memiliki IQ dibawah rata-rata. Dari kecil dirinya dianggap sebagai anak idiot, dan sering sekali menjadi korban bullying teman-teman sebayanya. Hampir setiap hari Forrest menerima perlakuan kasar dari teman-temannya. Namun, Forrest selalu menerima bantuan dan dukungan dari Jenny, seorang anak perempuan baik hati yang kelak akan menjadi cinta sejatinya.

Siapa sangka, sebuah keajaiban terjadi ketika Forrest kecil berusaha untuk berlari dari para bully. Pen yang terpasang pada kakinya terlepas dan akhirnya Forrest dapat berlari dengan sangat cepat.

Di masa remaja Forrest dan Jenny tetap tumbuh bersama. Forrest tetap menjadi bahan bulan-bulanan para bully. Namun, dari perlakuan bully terhadap dirinya lah, Forrest memiliki bakat yang sangat luar biasa, yaitu berlari.

sumber : google.com

Perjalanan hidup Forrest mulai berubah ketika dirinya ditemukan oleh seorang pelatih American Football universitas. Forrest menjadi seorang atlet mahasiswa yang sangat berprestasi, sampai namanya tercatat dalam All-Amerian Team dan akhirnya memiliki kesempatan untuk bertemu dengan John F. Kennedy.

sumber : /i.pinimg.com

Seiring berjalannya waktu, Forrest dan Jenny harus memilih jalan masing-masing. Jenny memilih untuk hidup bebas sebagai hippies, sedangkan Forrest menjadi tentara dan berperang melawan Vietkong pada masa era perang dingin.

sumber : google.com

 

Di dalam perjalanan hidupnya sebagai tentara, Forrest bersahabat karib dengan Bubba (Mykelti Williamson), seorang pria kulit hitam yang selalu diperlakukan Forrest setara. Hal ini menjadi suatu hal yang tidak lumrah karena rasisme yang masih terjadi di Amerika pada saat itu. Berbagai konflik terjadi di dalam kehidupan Forrest, dari kematian Bubba, usaha udang yang sukses, hingga pertemuannya kembali dengan cinta lamanya, Jenny, sekaligus kejutan terindah untuk Forrest dari Jenny dipenghujung cerita, dan kematian Jenny.

Bagaikan kata-kata mutiara di dalam ini, yaitu perupamaan sekotak coklat. Film ini memberikan banyak kejutan yang muncul dari berbagai kontradiksi di dalamnya. Alur cerita tidak hanya memberikan berbagai kejutan, tetapi juga mengajak penonton untuk masuk lebih dalam lagi melalui latar waktu, yang seakan mengajak kita untuk melihat situasi sosial pada saat itu.  Penghayatan peran sebagai Forrest Gump oleh Tom Hanks dilakukan dengan baik. Tom Hanks dapat menghayati perannya dengan menunjukkan akting tidak terlalu berlebihan dan sangat natural. Film ini sangat  menarik untuk ditonton, terutama bagi pada pecinta drama-komedi.

[Penulis : Carolina Yosephine Lamablawa]

Facebook
Facebook
Instagram