KEMBANGKAN PARIWISATA LOKAL, BANGGAKAN INDONESIA DIMATA DUNIA

sumber : https://thumbs.dreamstime.com

ViaductPress.com – “Bukan lautan hanya kolam susu.”. Begitu lah kira-kira lantunan lagu Koes Plus yang berjudul “Kolam Susu”. Tanpa menambahkan sedikitpun rasa ambiguitas, penulis hanya sekedar berbagi bayangan akan kebanggaannya terhadap Indonesia. Sekali lagi, jangan lah berfikiran ke arah susu, ada hal yang lebih penting lagi!.

sumber : https://sainsituasyik.files.wordpress.com

Indonesia adalah negara yang besar, terdiri dari 13.466 pulau, dihuni oleh 207 juta jiwa yang bertumbuh dalam berbagai budaya. Tidak hanya negara kepulauan, kalau lah boleh diberi julukan baru, Indonesia dapat dijuluki sebagai negara berapi. Hal ini bukan tanpa alasan karena memang Indonesia adalah negara dengan populasi gunung berapi terbanyak di dunia!. Kurang apa lagi Indonesia ini?. Negara maritim, lautan luas, pantai berhamparan. Gunung-gunung sangat banyak untuk didaki, tidak lupa hawa dingin yang disediakan alam pegunungan. Keramahan penduduknya tersohor sampai keujung dunia. Indonesia memang pantas juga untuk dijuluki sebagai “Surga Dunia”. Semua lengkap tanpa terkecuali!. Patut berbangga lah dengan semboyan negara kita “Bhineka Tunggal Ika” yang tidak hanya tercermin dari keberagaman suku, agama dan budaya, bahkan alamnya!. Itu semua Indonesia!.

sumber : http://sinarharapan.net/

Namun, apa tidak pernah terlintas beberapa pertanyaan di dalam benak kita?. Mengapa seakan-akan pariwisata di Indonesia sangat lah monoton?. Mengapa kebanyakan orang Indonesia lebih berbangga diri ketika berwisata ke luar negeri?.

Sebenarnya setelah kita mengetahui fakta-fakta yang ada, sudah tidak masuk akal lagi jika pariwisata Indonesia hanya itu-itu saja !. Apakah bisa negara maritim dengan belasan-ribu pulau, hanya dapat menyajikan obyek wisata yang itu, itu saja?. Idealnya jika kita berbicara mengenai pariwisata, kita harus sadar bahwa Indonesia memiliki potensi yang sangat luar biasa!. Sumber daya alam yang melimpah, sumber daya manusia yang banyak dan keberagaman budaya di dalam masyarakat Indonesia!.

sumber : http://2.bp.blogspot.com

Bukankah dengan penyatuan seluruh unsur-unsur tersebut, kita dapat menciptakan pariwisata yang lengkap?. Sangat disayangkan hal tersebut tidak demikian. Eksplorasi dan publikasi potensi alam yang ada di Indonesia justru masih sangat kurang. Jangan heran kalau foto-foto yang bersliweran di Internet lebih banyak menampilkan masyarakat Indonesia yang sedang berlibur ke luar negri, #THROWBACK.

sumber : https://i.pinimg.com

Tidak bisa disalahkan juga masyarakat kita yang lebih memilih berlibur keluar negri. Eksplorasi potensi alam Indonesia yang kurang, ditambah dengan minimnya publikasi pasti akan menyebabkan kejenuhan bagi masyarakat Indonesia yang gemar berwisata. Namun boleh lah bagi pawa wisatawan Indonesia untuk sedikit mengubah cara pikir mereka. Bukan kah ketika kita dapat menemukan tempat tersembunyi yang masih kurang diketahui menjadi lebih membanggakan?.

Kebanyakan orang-orang berbondong-bondong untuk pergi ke luar hanya karena sudah banyak orang yang pernah kesana dan dapat membicarakannya. Bukankah hal tadi justru menjadi suatu yang basi?. Akan lebih membanggakan jika kita dapat membicarakan suatu hal yang memang belum pernah diketahui ataupun dirasakan banyak orang. Lebih baik lagi kalau kita dapat berbagi pengalaman langka tersebut dimata dunia!. Tidak usah berfikir terlalu jauh, sampai menghayal berbicara sebagai mentri pariwisata dalam program “Wonderful Indonesia”. Memang efektif?. Sederhana saja, tidak usah muluk-muluk!.

Dengan berbondong-bondong memposting foto dan memberi #INDONESIASHIDDENTREASURE (contoh) sudah cukup. Sebagai tambahan, kalau bisa sampai booming seperti #SHAMEONYOUSBY dulu. Bukan kah akan lebih mencengangkan?. Masyarakat Indonesia yang tadinya salah satu pengguna medsos terbanyak tapi tidak menonjol, akhirnya menguasai trending topic yang menjadi sorotan dunia?.

sumber : https://baliberkarya.com

Sayang sekali apabila potensi yang dimiliki Indonesia menjadi mubazir. Jangan sampai kita tidak mengenal atau tidak tahu apa-apa mengenai kebaikan alam ibu pertiwi Indonesia. Ketika kita bisa bercerita mengenai suatu hal yang langka dan belum diketahui banyak orang, ada kebanggaan tersendiri disitu!. Terlebih lagi ketika nama Indonesia ditinggikan dan dikagumi banyak orang. Ingat, berbanggalah kita sebagai orang Indonesia. Banyak orang luar sana yang ingin menjadi warga Indonesia. Mari bersama kita kembangkan pariwisata lokal dan membanggakan Indonesia dimata dunia!.

Penulis : Reza Reagan Tarigan 

Facebook
Facebook
Instagram