JALAN-JALAN SENDIRI? SIAPA TAKUT

ViaductPress.com – Bagi sebagian orang berwisata sendirian dapat menjadi suatu momok yang menakutkan karena terkesan mengajak keluar dari zona nyaman. Sebenarnya berwisata sendirian dapat menjadi salah satu cara untuk keluar dari kepenatan. Bisa saja Traveling sendirian itu dapat menjadi sangat menyenangkan dan mungkin akan menjadi candu bila sudah mencobanya. Berikut beberapa tips bagi yang ingin mencoba Traveling sendirian.

sumber : nu.or.id

  1. Izin Keluarga

Sangatlah penting bagi keluarga untuk mengetahui bahwa kamu akan melakukan perjalanan sendirian, terutama bagi seorang perempuan. Kenapa?. Karena dengan orang tua kamu tahu bahwa kamu akan pergi sendiri, mereka akan sangat mudah untuk memantau diri mu atau bahkan melacak mu jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Maka dari itu kamu juga harus memberitahukan jadwal perjalananmu dan tempat kamu menginap nanti.

sumber : google.com

  1. Tiket pesawat dan Penginapan

Dulu mungkin sulit mencari tiket murah untuk wisata ke luar maupun dalam negeri. Namun sekarang sudah banyak maskapai yang menawarkan tiket pesawat dengan harga yang pas dikantong mahasiswa. Sedangkan untuk penginapan, alangkah lebih baik jika kamu menginap di Hostel dibanding di Hotel, selain lebih murah, kamu juga bisa menemukan teman perjalanan yang baru. Namun ingat, perlu berhati-hati dalam memilih tempat penginapan. Jangan karena murah lalu kamu langsung booking, lakukanlah survey online terhadap hostel yang akan kamu tempati terlebih dahulu.

 

 

sumber : diamondbooks.org.uk

  1. Jangan mudah percaya dengan orang lain

Selama berpergian sendiri, menambah relasi baru sangatlah baik untuk sekedar bertukar cerita. Namun jangan kamu langsung mempercayai orang yang kamu kenal selama di perjalanan. Jjangan pernah mau menerima barang titipan dari orang yang tidak kamu kenal. Bisa fatal akibatnya jika ternyata barang yang dititipkan adalah barang-barang ilegal, atau bahkan bom.

 

 

sumber : wikihow.com

  1. Jangan terlalu mencolok

Mencolok dalam arti jangan menggunakan perhiasan berlebihan atau terlalu sering memegang smartphone. Jika dilakukan hal tersebut dapat mengundang kejahatan. Ingat lah kejahatan datang dimanapun dan kapanpun selama ada kesempatan. Jadi waspada lah.

 

 

 

sumber : uangteman.com

  1. Menyiapkan uang yang cukup

Bila kamu ingin melakukan perjalanan sendiri, kamu harus betul-betul memperhatikan keuangan kamu selama traveling. Kamu perlu menyiapkan rincian keuangan sebelum kamu melakukan perjalanan, supaya disana keuanganmu lebih teratur.

 

 

sumber : mark.trademarkia.com

  1. Jaga diri sendiri

Selama perjalanan mungkin akan terjadi hal-hal yang tidak terduga. Maka dari itu kamu perlu menjaga diri dengan baik. Supaya terhindar dari kejahatan di tempat wisata yang akan kamu kunjungi maka tetap lah berhati-hati. Kamu boleh bersenang-senang tetapi tidak boleh lupa untuk tetap waspada.

 

 

Berwisata sendirian sebenarnya bukan hal yang harus kamu takutkan. Berwisata sendirian dapat membuat kamu bisa lebih mengenal diri mu sendiri sekaligus melatih kedewasaan diri. Karena dengan berwisata sendirian ditempat asing kamu akan dituntut untuk lebih bisa bersikap cerdas dalam bertindak ketika menghadapi segala situasi sendirian.

Nah tips diatas adalah rangkuman yang telah Viaduct sajikan sehingga setidaknya kamu memiliki informasi bila ingin melakukan perjalanan sendirian, tetap waspada dan nikmatilah perjalananmu. Jangan takut untuk mencoba!.

Penulis : Wulan

Facebook
Facebook
Instagram