Tips Mengatasi Rasa Bosan di Kelas

ilustrasi kebosanan di kelas. Sumber: paradisaicallife

ViaductPress.com – Kalau kamu duduk di kelas mendengarkan dosen ‘bersabda’ saat jam kuliah berlangsung, pasti sesekali kamu pernah merasa bosan. Entah mungkin karena kamu gak fokus, malas, unmood, atau emang gak suka ama dosennya. Tentu masing-masing kamu pasti punya cara sendiri-sendiri untuk mengatasinya, bukan? Nah, berikut Viaduct punya rangkuman ide kreatif apa saja yang dapat mahasiswa lakukan ketika bosan di kelas. Cekidot!

#1   Corat-coret

Sumber: kitamuda.id

Mau dengerin kuliah, tapi udah kelewat gak fokus. Alhasil tipe mahasiswa ini corat-coret apa saja di selembar kertas atau binder.  Bisa itu menggambar wajah dosennya atau mungkin menggambar imajinasi-imajinasi liar yang lain. Kadang ada juga yang menggambar graffity art ciamik di binder temennya. Ya hitung-hitung daripada ngobrol trus dimarahin dosen, kan mending ‘bikin mahakarya’ begini. Kalau dikumpulin semua gambar-gambar hasil kebosanan kamu, siapa tahu aja bisa jadi bahan nostalgia kamu kan saat tua nanti.

#2   Muter-muterin Bolpen

Sumber: dokumentasi Viaduct

Kamu pernah melakukan ini saat bosan? Selamat! Karena gak cuma kamu yang begitu. Hampir semua mahasiswa yang jenuh di kelas juga berperilaku sama dengan kamu. Ternyata seonggok pulpen bisa juga loh dijadiin alat akrobat penghilang kebosanan. Daripada muter-muterin perasaan orang yakan? mending muter-muterin pulpen. Siapa tau nanti bisa jadi pemutar bolpen terkenal se-Asia Tenggara.

#3   Nge-drum

sumber: hai online

Masih soal  bolpen. Alat satu ini emang multifungsi. Selain untuk menggambar dan beratraksi, bolpen bisa juga dijadikan oleh mahasiswa sebagai alternatif pengganti stick untuk menciptakan irama indah dari hasil pukulan dengan meja. Tak jarang beberapa mahasiswa bahkan suka membayangkan dirinya sebagai pemain drum yang handal saat memukul-mukul bolpennya di meja. Eits… Hati-hati dimarahin dosen ya karena menimbulkan suara berisik!

#4   Bikin Komikstrip

Sumber: toddtevlin.com

Jangan memikirkan bagus/enggaknya gambar kamu untuk ngomik. Ketika bosan, pasti kadang terbesit dipikiran kamu ide cerita apa yang menurut kamu seru untuk dibuat komik. Bikin panel kotak-kotak, terus mulailah rangkai adegan-adegan komik kamu. Kalau udah jadi, ‘cekrek’ dan upload! Siapa tau pada suka juga dan nantinya komik kamu bisa mengalahkan komik Si Juki atau Tahilalats.

#5    Nulis!

Sumber: unknown

Siapa bilang gak fokus di kelas membuat kamu gak bisa berkarya? Justru kamu bisa jadi produktif dengan menuliskan ide-ide liar di kepala kamu melalui tulisan. Dengan menulis, saraf otak di kepala kamu akan dirangsang untuk berpikir. Ini membuat kamu bisa perlahan kembali fokus terhadap pelajaran atau malah makin memiliki banyak ide untuk menulis. Nah kamu bisa upload tulisan kamu via blog atau sosial media kamu. Bisa jadi malah menambah inspirasi teman-teman yang lain. Ya hitung-hitung dibanding kamu tidur dan gak dapet apa-apa, mending menulis, kan?

Kelima hal diatas merupakan masukan-masukan kreatif yang redaksi Viaduct rangkum untuk membunuh waktu bosan kamu. Tapi tetap sebaiknya kamu sudah mempersiapkan diri kamu sebelum kelas sehingga tidak merasa bosan. Selamat mencoba!

[Penulis: Bossga Hutagalung]

Facebook
Facebook
Instagram