Cara Menaklukkan Hati Dosen

ViaductPress.com – Ada banyak tipe dosen yang unik dan terkadang sulit untuk diprediksi. Ada tipe yang ngeselin banget dan bikin keki tapi ada juga yang baik banget baik dari segi mengajarnya yang menyenangkan atau dosen tersebut nggak susah memberi nilai bagus. Bagaimana sih cara menghadapi mereka? Berikut tipe-tipe dosen dan tips – tips untuk mengatasinya:

  1. Dosen Normal

Dosen tipe ini termasuk tipe dosen yang sehari-harinya santai. Datang ke kelas kadang on time, kadang telat. Jika dia berhalangan hadir buat  ngajar pasti dia.kasih kabar dahulu. Untuk cara ngajar, sama seperti dosen-dosen yang biasa kasih tugas, kuis, diskusi dan sebagainya. Untuk mendapatkan nilai dari dosen satu ini sebenarnya mudah, cukup belajar serius dan menyimak penjelasannya, dijamin dia bakalan kasih nilai yang bagus deh.

Cara Menghadapi : Jangan cabut, aktif di kelas, dan belajar yang benar.

  1. Dosen Killer

Buat dosen satu ini, 5 sampai 15 menit sebelum jam perkuliahan, dia sudah ada di kelas dengan segala persiapan mengajarnya. Buku penuntun dan segala peralatan menulis sudah disiapkan di meja, proyektor sudah menyala, dan papan tulis sudah bersih. Begitu jamnya tiba, si dosen langsung mengabsen para mahasiswanya, telat 1 menit langsung dianggap tidak hadir. Hahaha, kelar deh!!!

20 menit kelas berjalan, dosen ini sedang konsentrasi menjelaskan materi kuliah hari ini, semua tampak memperhatikan, dan ada beberapa yang mencatat. Jangan coba-coba ngobrol sedikit pun sama teman, apalagi tidur. Karena kalau ketahuan tidur atau ngobrol bisa, jadi sasaran empuk deh buat diberi pertanyaan sulit dari dosen yang satu ini. Syukur-syukur bisa jawab, kalau nggak bisa, ya nikmati lah nasehat-nasehat indah dari dosen ini, hahaha.

Begitu ujian tiba, kamu belajar keras sampai begadang, dan ternyata, nilai kamu cuma dikasih C. Bersyukurlah teman-teman, sudah lulus saja sudah untung. Daripada nggak lulus, terus ngulang mata kuliah itu lagi, eh dapat dosen yang kayak begini lagi. Huffttt…

Cara Menghadapi : Belajar yang benar, dengarkan penjelasan dia secara detail, tetap berpikiran positif,  jangan banyak tingkah, yang paling penting banyak berdoa!

  1. Dosen Berpengalaman

Dosen seperti ini memiliki pengetahuan yang sangat mendalam akan segala ilmu studinya. Biasanya tipe dosen seperti ini adalah dosen yang sudah cukup berumur yang memiliki banyak pengalaman di bidangnya. Praktek yang didapatnya selama ini juga sudah sangat banyak. Sehingga memudahkan para mahasiswa cepat mengerti dari apa yang ia jelaskan. Untuk pemberian nilai cukup banyak yang tidak pelit nilai. Tetapi ada juga yang pelit nilai.

Cara Menghadapi : Lebih sering berinteraksi sama dosen satu ini, misalnya saja dengan sering mengajak ngobrol beliau setelah selesai kelas. Hehehe…

  1. Dosen Gaib

Dosen ini bisa tiba-tiba menghilang kapan saja. Kadang telat, kadang on time, cukup sering nggak datang. Sangat jarang berada di kampus, sampai-sampai mahasiswa lupa muka dan nama dosen yang satu ini. Sekalinya datang cuma memberi penjelasan sedikit, kasih tugas, habis itu langsung hilang entah kemana. Saat dicari mahasiswa untuk bertanya soal tugas, dia menghilang sampai-sampai pihak sekretariat pun tidak mengetahui dosen satu ini berada di mana. Saat ujian, tiba-tiba dia nongol. Horor…

Cara Menghadapi : Dosen ini seperti ninja. Kalau dapat dosen seperti ini kamu harus waspada, dan lebih banyak belajar dari buku referensi manapun. Karena, nilai kalian bisa saja random.

  1. Dosen “Baik”

Baik dalam arti yang menyenangkan tidak pelit nilai, wuih tipe dosen idola, deh. Dosen tipe ini bisa dikatakan on time kalau mengajar. Cara mengajarnya juga singkat, padat dan jelas. Kamu hadir saja, nilai A  sudah ditangan.

Cara Menghadapi : Jangan  kebanyakan absen dan jangan melunjak mentang-mentang dosen ini baik.

Itu dia tips-tips menghadapi segala sifat dosen yang ada di kampus kalian. Intinya kalian harus belajar serius, dan banyak berdoa supaya ada ilmu yang di dapatkan dan juga mendapatkan nilai yang baik. Semoga berhasil!

[Penulis : Ruth Clara Dewi dan Sara Silalahi]

Facebook
Facebook
Instagram